Wednesday, December 27, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Jantung


KAKAYKUKUY.COM - Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Jika Jantung tidak lagi berdetak, maka saat itu juga nyawa meninggalkan raga. Tetap jaga kesehatan jantung meski tidak mudah dan mulailah dari sekarang. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan jantung :

  1. Kenali lemak berbahaya yang salah satunya adalah lemak trans atau yang juga dikenal sabagai lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh biasanya terkandung pada makanan cepat saji, makanan kemasan, serta roti. Lemak tak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi kolesterol baik di tubuh Anda. Namun kadang lemak tak jenuh juga dibutuhkan oleh tubuh. Kontrol pola makan agar kesehatan jantung Anda terjaga.
  2. Hindari duduk terlalu lama, karena duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular hingga 147%.
  3. Berhentilah merokok karena perokok aktif akan lebih mudah terserang penyakit jantung. Jika Anda tidak merokok, hindari asap rokok yang ada di sekitar Anda karena asap pada rokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung dan resiko terserang penyakit jantungnya sebesar 30%
  4. Jaga kebersihan gigi Anda karena faktor resiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama. Gigi tidak sehat memiliki bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan membuat peningkatan kadar protein C- reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.
  5. Tidur dan istirahat selama 7 jam dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam meningkatkan dua kali lipat resiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu proses biologis dalam tubuh dan dapat mempengaruhi tekanan darah serta menurunkan kondisi jantung.
  6. Kontrol tekanan darah secara berkala. Untuk Anda yang berusia antara 18 sampai 30 periksa tekanan darah setiap 3 sampai 5 tahun tahun sekali, sedangkan untuk Anda yang lebih dari itu, periksalah setiap tahun.
  7. Hindari suara keras yang juga bisa memperparah kondisi jantung. Studi menunjukkan bahwa suara keras seperti musik yang terlalu tinggi dapat meningkatkan detak jantung yang akan mempengaruhi tekanan darah.
  8. Hindari pemakaian gadget secara berlebihan, karena gadget berdampak buruk pada kesehatan dan telah terbukti pada banyak penelitian. Sinar biru yang dipancarkan gadget dapat meningkatkan resiko diabetes, kanker, masalah jantung, dan dapat mengganggu pola tidur. Buat aturan dalam pemakaian gadget agar kesehatan jantung tetap terjaga.
  9. Jaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi 5 porsi buah segar, sayur, buah kering, kacang-kacangan, dan biji dalam sehari.
  10. Olahraga secara teratur agar keaehatan jantung tetap terjaga. Selain menjaga kesehatan jantung, badan Anda juga akan terasa segar jika Anda melakukan olahraga rutin. Lakukan olahraga selama 30 menit, setidaknya 5 hari dalam satu minggu. Cara ini sudah direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk semua orang dewasa memiliki usia antara 18 sampai 64 tahun. Cara ini bisa membuat jantung Anda sehat dan terhindar dari penyakiit lain, seperti diabetes, depresi, dan kanker payudara.
Demikianlah ulasan tentang beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang semoga saja bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jaga kesehatan tubuh agar aktivitas Anda tetap berjalan dengan lancar. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga Anda selalu diberi kesehatan.