Tuesday, December 26, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Telinga


KAKAYKUKUY.COM - Telinga adalah bagian penting pada tubuh manusia dan fungsi dari telinga juga sangat kita butuhkan untuk menyerap segala informasi yang kita dengar. Menjaga kesehatan telinga sangatlah penting karena ada jutaan orang di dunia yang mengalami gangguan pendengaran yang serius. Gangguan pendengaran bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya cedera, tumor, kotoran telinga, masuknya benda asing kedalam telinga, cacat lahir, faktor genetik, paparan suara keras, infeksi, efek samping dari konsumsi obat tertentu, dan masih banyak yang lainnya. Jika gangguan pada telinga yang muncul tidak segera ditangani, maka fungsi pendengaran bisa saja hilang secara permanen. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kita sangat perlu menjaga kesehatan telinga. Berikut cara menjaga kesehatan telinga :

  1. Hindari tempat yang ramai atau gaduh (bising). Jika terlalu sering mendengar suara bising, telinga Anda bisa menjadi tuli. Namun jika tempat kerja Anda bising, gunakan pelindung telinga untuk melindungi kesehatan telinga Anda.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung seng dan asam folat secara teratur. Seng dan asam folat tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan telinga. Selain itu, agar kesehatan telinga lebih terjaga lagi, kurangi rokok, kurangi konsumsi gula, kafein, garam, dan pemanis buatan.
  3. Bersihkan telinga secara teratur menggunakan cotton bud. Bersihkan dengan hati-hati, jangan mendorong cotton bud terlalu kuat ke dalam telinga karena telinga yang dibersihkan dengan cara didorong akan membuat kotoran semakin jauh masuk ke dalam telinga. Hindari alat yang dapat mendorong kotoran telinga masuk ke lianf telinga saat membersihkan, karena hal itu dapat membuat telinga cedera dan Anda juga bisa mengalami gangguan pendengaran.
  4. Jangan mengobati atau menggaruk telinga Anda sendiri jika telinga terasa tidak enak, sakit, berdenging, atau kemasukan benda asing. Konsultasikan dengan dokter THT apapun kondisi telinga Anda. Anda pasti akan diberikan saran tentang bagaimana menjaga kesehatan telinga Anda dengan baik.
  5. Jangan terlalu sering menggunakan earphone dengan suara keras atau kecil. Menggunakan earphone juga bisa membuat kesehatan telinga Anda berkurang dari batas normal pendengaran, sebaiknya dengarkan lagu tanpa menggunakan earphone agar kesehatan telinga Anda tetap terjaga dengan baik.
  6. Bersihkan tempat tidur yang Anda gunakan untuk menghindari masuknya kotoran. Periksa dan bersihkan tempat tidur, bantal, atau apapun yang ada di dekat Anda saat tidur. Lakukan hal tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran menempel atau hewan kecil (serangga) yang bisa saja masuk ke dalam telinga.
  7. Cara lain untuk mengeluarkan kotoran pada telinga selain menggunakan cotton bud adalah dengan cara mengunyah. Ya, mengunyah dapat mengeluarkan kotoran dari dalam telinga, misalnya mengunyah permen karet.
  8. Hindari mengorek telinga untuk membersihkan kotoran dalamnya. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengorek dengan kuku ketika telinga Anda terasa gatal. Mengorek telinga dengan kuku bisa menyebabkan telinga terluka.
  9. Lakukan terapi lilin untuk membersihkan telinga dan tentu saja pilih tempat terapi yang resmi dan memiliki izin.
  10. Bersihkan daun telinga dari kotoran yang menempel menggunakan baby oil agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
Untuk menjaga agar telinga tetap sehat tidaklah sulit. Jangan meremehkan kesehatan telinga karena lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Semoga informasi yang kami bagikan berguna untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.