Saturday, December 23, 2017

Tips Kesehatan Bayi


KAKAYKUKUY.COM - Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa bahagia seorang ibu mendapati bayinya tumbuh dengan sehat. Berbagai cara dan upaya akan dilakukan demi membuat bayi aman dan nyaman. Tetapi untuk ibu muda yang memiliki pengalaman pertama dalam merawat bayi, tidak jarang akan mengalami kepanikan dalam mengatasi segala macam penyakit misalnya. Tips kesehatan bayi ini akan membantu Anda menjaga bayi Anda tumbuh sehat.

Bayi sangat sensitif terhadap cuaca dan lingkungan sekitar. Jika lingkungan Anda sudah bisa dipastikan bersih maka bayi pun akan nyaman dan terbebas dari kuman. Begitujuga dengan cuaca di tempat tinggal Anda. Membuatnya tetap sehat sudah menjadi kewajiban bagi seorang ibu.

Jemur Bayi di Pagi Hari

Tips kesehatan bayi yang pertama adalah jemur ia saat pagi hari. Hal ini dirasa penting apalagi untuk bayi yang lahir berwarna kuning. Sinar matahari di pagi hari bisa mengurangi bilirubin menjadi senyawa larut dalam air kemudian dikeluarkan sebagai urine.

Anda bisa menjemurnya selama 5 sampai 10 menit saja sebelum jam delapan pagi. Lakukan secara rutin untuk membuat bayi Anda merasa hangat dan sehat. Perhatikan jam dimana Anda menjemur bayi Anda agar tidak terlalu siang.


Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Mungkin bagi sebagian ibu jelas akan melakukan hal ini karena bayi akan merasa lebih nyaman. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa memandikan bayi dengan air dingin akan membuatnya menjadi lebih kuat ?, karena air dingin bisa membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat. Sehingga makanan yang ada dalam tubuh mudah habis untuk mengatur suhu tubuh. Akibatnya bayi menjadi mudah sakit.

Mandikan bayi Anda dengan air hangat. Sebaiknya tidak terlalu lama. Buat ia tetap merasa nyaman dan hangat. Bila perlu, beri minyak teloon bayi seusai dimandikan.

Gumoh Setelah Makan

Kepanikan diri seorang ibu biasanya muncul ketika bayi mengalami gumoh setelah makan. Atau bisa juga setelah meminum susu. Gumoh bisa terjadi karena dipakaikannya gurita terlalu kencang atau posisi yang salah ketika malam.

Jangan posisikan bayi terlentang ketika Anda menyuapinya. Usahakan membuat bayi Anda bersendawa ketika habis makan dan minum. Tidak jauh beda dengan orang dewasa, kondisi terlalu kenyang akan membuat perut bayi Anda tidak nyaman dan memicu gumoh.

Berikan Vitamin

Anda bisa memberikan vitamin apabila bayi memiliki pola makan yang kurang baik. Namun pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter untuk memilih vitamin yang tepat. Vitamin sangat bermanfaat untuk tubuh dan meningkatkan nafsu makannya.

Hindari memberi sembarang vitamin kepada anak jika Anda tidak mengetahui betul efeknya seperti apa. Vitamin pada anak akan membuatnya sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Batasi Usia Mengempeng

Untuk tips kesehatan bayi selanjutnya adalah membatasi usia mengempeng. Anak yang mengempeng dibawah usia dua tahun bisa dibilang hal yang wajar. Namun jika sudah diatas usia tersebut maka hal itu adalah kecanduan. Baik menggunakan dot atau dengan ibu jarinya. Bahkan hal ini bisa mengganggu perkembangan psikologisnya. Anda bisa mengalihkan kegiatan anak untuk melatih agar bisa berhenti mengempeng.

Perhatikan Cara Menggendong Bayi

Aktivitas menggendong bayi tentu menjadi hal yang membahagiakan. Tetapi jika bayi sudah mulai bisa menegakkan kepalanya, Anda bisa menggendongnya dengan sesekali mengangkatnya tinggi. Tak perlu khawatir. Asalkan Anda lakukan dengan benar, maka hal ini bisa membuatnya melatih ototnya yang mulai kuat.

Perhatikan juga posisi Anda menggendong bayi. Sebab jika posisinya salah atau tidak nyaman, maka bayi akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan fisiknya. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu tentang posisi yang benar ketika menggendong bayi.

Tips kesehatan bayi merupakan hal yang harus diketahui setiap ibu. Untuk menjadikan bayi sehat dan kuat banyak yang harus diperhatikan. Dengan mengetahui apa saja yang baik untuk bayi, Anda bisa menjadi ibu yang bahagia mengamati pertumbuhan bayi Anda.