Sunday, December 17, 2017

Tips Kesehatan Penderita Dibetes


KAKAYKUKUY.COM - Indonesia dikenal sebagai negara dengan penderita diabetes cukup tinggi. Bahkan beberapa diantaranya diidap oleh masyarakat usia muda. Hal ini membuktikan bahwa penyakit diabetes tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Tentu kewaspadaan kita terhadap penyakit ini harus lebih tinggi. Namun, jika Anda telah di diagnosa oleh medis mengidap penyakit diabetes maka wajiblah rasanya menyimak tips kesehatan penderita diabetes agar tubuh Anda tetap kuat beraktivitas.

Umumnya penderita diabetes memang diharuskan mengurangi asupan makanan manis untuk mengatur kadar gula dalam darah. Anda bisa menjadikan ini sebagai langkah awal untuk mengerem keinginan makan makanan manis sehari-hari. Tidak hanya itu saja, beberapa hal lain untuk tetap Anda perhatikan diantaranya :

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Bagi penderita diabetes tidak membutuhkan makanan yang lezat. Yang terpenting adalah menu makanan dengan efek yang sama baiknya dengan non-diabetes. Pilah makanan yang akan dikonsumsi seperti makanan rendah lemak, garam, rendah gula namun tinggi akan serat.

Semua daftar makanan yg harus di konsumsi ini bisa membantu Anda untuk menjaga berat badan, menjaga kadar glukosa di dalam tubuh kita. Bukan itu saja, makanan ini bisa mencegah terjadinya komplikasi jantung dan perusakan pembuluh darah. Konsultasikan menu makanan yang tepat dengan dokter.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah kebutuhan jasmani bagi setiap manusia. Baik jalan kaki, berenang, berdansa, dan lain sebagainya. Anda bisa berolahraga di rumah dengan membersihkan rumah atau pada saat berkebun. Yang terpenting adalah lakukan gerakan tubuh atau aktivitas fisik agar tubuh tetap aktif.

Manfaat dari berolahraga jelas akan bisa menjaga berat badan Anda lebih stabil. Membantu kinerja insulin, bermanfaat dan baik untuk jantung dan paru-paru. Selain itu, berolahraga bisa membuat tubuh lebih segar dan berstamina.

Jangan Lewatkan Konsumsi Obat

Jika Anda sudah mengontrol makanan Anda dan berolahraga secara teratur, maka jangan lupa juga untuk menjaga konsumsi obat Anda. Insulin dan pil diabetes serta injeksi obat-obatan yang pada umumnya diberikan untuk bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Apabila Anda menggunakan insulin perlu Anda ketahui insulin tidak bisa dikonsumsi sebagai pil. Anda perlu menyuntikkan bahan ini ke tubuh di setiap harinya. Setiap orang kebutuhannya akan berbeda. Misalnya menyuntikkan insulin sebanyak 2 kali atau lebih dalam sehari.

Cek Kadar Gula Secara Rutin

Setelah melakukan tips kesehatan penderita diabetes pada list sebelumnya, Anda bisa mengontrol seberapa baik kondisi Anda tiap harinya. Cara terbaiknya adalah dengan melakukan tes kadar gula darah setiap hari. Sebab penderita diabetes harus menjaga gula darahnya tidak naik atau tetap mendekati normal.

Jika kadar gula Anda terlampau tinggi, Anda pasti akan merasakan indikasi seperti batuk yang terus menerus atau ciri lainnya. Segera temui dokter untuk menanyakan hal tersebut. Biasanya dokter akan merubah menu makanan Anda agar menstabilkan gula darah disamping dengan pemberian obat-obatan.

Periksa Setiap Luka

Untuk tips kesehatan penderita diabetes selanjutnya adalah memeriksa setiap Anda terkena benda tajam atau terluka karena lainnya. Umumnya pada kaki, rutinlah memeriksa setiap pagi. Sekecil apapun luka yang Anda temui sebaiknya segera dikonsultasikan atau diobati dengan dokter. Jangan biarkan luka melebar dan menyebar sehingga sulit untuk disembuhkan. Tanyakan kepada dokter Anda bagaimana cara merawat luka agar kaki Anda tetap sehat dan tidak menyebar lukanya.

Mengetahui tips kesehatan penderita diabetes ini akan membantu anda untuk tetap sehat meski memiliki penyakit tersebut. Dengan konsisten menjaga pola makan, olahraga dan pola pikir akan membantu Anda menstabilkan gula dalam darah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadikan Anda sehat kembali seperti dulu.