Sunday, December 17, 2017

Tips Kesehatan Saat Datang Bulan


KAKAYKUKUY.COM - Bagi kaum hawa, masa-masa ketika datang bulan adalah masa dimana Anda harus mengontrol pola makan dan mengelola stres. Anda mungkin tidak asing mendengar wanita yang mudah marah ketika datang bulan. Hal ini dikarenakan naiknya hormon dalam dirinya yang membuatnya mudah marah atau terpancing emosi.
Penting rasanya untuk mengetahui tips kesehatan saat datang bulan. Karena jika tidak, Anda bisa mengalami kram perut atau malah timbulnya jerawat dimana-mana.

Untuk sebagian orang masa datang bulan memang menyakitkan karena mengalami kram perut. Tetapi jika Anda bisa menjaga pola makan dan mengetahui apa saran serta pantangannya, Anda tetap bisa nyaman dalam beraktivitas ketika datang bulan.

Menggunakan Pakaian Yang Longgar

Tips kesehatan saat datang bulan yang pertama adalah memakai pakaian yang longgar. Kenyamanan Anda adalah yang utama. Anda tetap bisa tampil cantik dengan pakaian yang tidak ketat. Selain nyaman, pakaian longgar akan membuat anda bebas bergerak dan tidak membuat gerah.

Tidur Siang

Bagi sebagian orang mungkin tidak terbiasa untuk tidur siang. Tetapi tahukah Anda bahwa itu penting ? Istirahatkan tubuh ketika merasa lelah selama siklus datang bulan. Karena kekurangan banyak zat besi membuat Anda cenderung letih dan lemas.

Mandi Air Hangat

Selesai beraktivitas biasanya Anda akan butuh sesuatu yang menyegarkan tubuh. Mandilah dengan air hangat. Bukan hanya membuat tubuh semakin bersih, tetapi bisa mengusir penat yang Anda rasakan. Pikiran juga menjadi lebih tenang serta emosi terkendali meski sedang menstruasi.

Kurangi Mengkonsumsi Garam

Hal yang dirasakan ketika hari pertama atau kedua menstruasi adalah perut kembung. Hal ini terjadi karena kekurangan cairan. Sebaiknya Anda bisa mengurangi konsumsi garam agar kemubung dalam perut Anda tidak semakin menjadi.

Olahraga

Nyeri haid yang Anda alami bukan halangan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi. Justru dengan tetap berolahraga Anda bisa meringankan rasa sakit tersebut dan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Selama Anda bisa beraktivitas seperti biasanya, maka berolahraga lah secara rutin.

Yoga

Tips kesehatan saat datang bulan selanjutnya adalah melakukan yoga. Olahraga yang satu ini sangat populer di kalangan artis. Selain bisa membuat tubub lebih terasa ringan, yoga juga membantu Anda mengelola stres. Jika Anda malas atau tidak suka keluar rumah, Anda bisa melakukan gerakan yoga dalam meredakan nyeri haid serta membuat tubuh terasa lebih segar.

Hindari Mengkonsumsi Daging Merah

Beberapa sumber menyebutkan bahwa daging merah disebut sebagai makanan yang bisa menyebabkan nyeri haid dan pendarahan berlebih. Maka dari itu sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan ini ketika datang bulan. Perbanyak makan sayur dan buah.

Ganti Pembalut Secara Rutin

Menjaga kesehatan selama datang bulan memang penting. Sama halnya dengan kebersihan yang juga tetap harus dijaga dan ditingkatkan. Anda mungkin akan merasa malas untuk sering-sering ke kamar mandi. Tetapi perhatikan pola ganti pembalut selama datang bulan. Gantilah 2-3 kali sehari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan miss V Anda.

Pakai Celana Dalam Bahan Katun

Sebaiknya ketika Anda datang bulan, kenakanlah celana dalam berbahan dasar katun. Usahakan untuk menghindari celana dalam berbahan sintetis. Karena, bahan katun akan memperlancar pertukaran udara yang berguna mencegah pertumbuhan bakteri pada vagina.

Basuh Dengan Cara Yang Tepat

Selanjutnya, hal ini mungkin terdengar sepele. Namun membasuh daerah kewanitaan ( area vagina ), pantat, pantat, hingga anus haruslah diperhatikan. Gunakanlah air hangat dari arah depan ke belakang. Hindari membasuh dari arah anus ke vagina, sebab bagian vagina bisa terkontaminasi oleh bakteri dari anus.

Menjaga kesehatan dan kebersihan selama datang bulan sangatlah penting. Anda bisa menyimpan tips kesehatan datang bulan ini agar membantu Anda mengingat apa saja yang harus dan pantang dilakukan. Sebab, sebagai wanita Anda pasti ingin tampil bersih dan nyaman.