Tuesday, December 5, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ilustrasi terkena penyakit ginjal

KAKAYKUKUY - Ginjal adalah organ vital yang berpungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Sepasang ginjal dalam tubuh manusia terletak didaerah dekat pinggang yang mempunyai ukuran panjang sekitar 10 cm  setiap satu organnya, serta memiliki berat sekitar lebih dari 200 gram. Meskipun kecil, ginjal berperan penting dalam mengatur asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, serta membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Jaga kesehatan ginjal karena ginjal memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita.
Berikut cara beberapa cara menjaga kesehatan ginjal :
  1. Atur pola makan dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur yang ditanam dengan tanpa pupuk kimia (organik). Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin akan membuat kesehatan tubuh anda terjaga. Sebisa mungkin jauhi makanan olahan, kurangi pemakaian garam berlebihan saat memasak, serta konsumsi ikan atau daging tanpa lemak.
  2. Anda bisa menjaga kesehatan ginjal dengan cara aktif bergerak dan melakukan aktifitas fisik. Kesehatan bisa terjaga jika terbiasa menggerakan badan. Malas bergerak akan membuat tubuh anda lemah.
  3. Jaga berat badan anda agar tetap stabil. Kelebihan berat badan, terlebih jika sampai obesitas, dapat mempengaruhi keadaan emosional dan stres karena tidak percaya diri dengan tumpukan lemak yang berada dimana-mana. Selain itu, kelebihan berat badan akan membuat organ tubuh bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak, termasuk ginjal yang lama kelamaan kinerjanya akan semakin turun.
  4. Jauhi Alkohol dan rokok. Tembakau pada rokok dan alkohol akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu juga rokok dan alkohol juga menjadi penyebab utama tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah ginjal. Agar terhindar dari penyakit ginjal, mulailah berhenti merokok dan jauhi alkohol mulai saat ini juga jika anda ingin sehat dan sayang tubuh anda.
  5. Kontrol tekanan darah anda, karena penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. IRR mengemukakan bahwa sebanyak 35 % penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang diproleh dari data selama 5 tahun terakhir. Periksakan tekanan darah anda secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Minum air putih secukupnya, yakni minum 6 sampai 8 gelas sehari. Dengan rutin minum air putih, kesehatan ginjal akan terjaga dan terawat dengan sangat baik.
  7. Hindari stres, karena stres yang menyerang dapat membuat tekanan darah menjadi naik dan resiko terserang penyakit ginjal menjadi lebih tinggi seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  8. Tips menjaga kesehatan ginjal paling mudah adalah dengan cara rajin dan rutin berolahraga. Anda bisa berlari atau hanya sekedar berjalan kaki setiap pagi. Selain ginjal, kesehatan tubuh anda juga akan terjaga.
  9. Usahakan untuk menghindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri karena obat-obat tersebut dapat merusak ginjal. Namun jika terpaksa mengkonsumsi obat-obat tersebut, segera konsultasikan kepada dokter yang sudah ahli dalam bidangnya.
Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa anda ikuti dan segera anda rasakan hasilnya.
Seperti pepatah mengatakan bahwa kesehatan itu mahal. Hal ini sangat benar saat mengingat jika sedang sakit akan menghabiskan waktu dan biaya tidak sedikit. Jadi, jaga kesehatan tubuh agar bisa menjalani hari-hari dengan bahagia. Yerima kasih sudah berkunjung, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda. Semoga selalu sehat.