Friday, December 8, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Gigi


KAKAYKUKUY.COM - Kerusakan dan sakit gigi bisa dihindari dengan melakukan langkah awal yang mudah, yaitu menjaga kebersihan mulut dan gigi, yang sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan bagian tubuh yang lain. Mulut merupakan saluran pertama masuknya asupan gizi dan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Maka dari itu, jika kondisi mulut dan gigi tidak bersih, bakteri yang terbentuk dalam mulut akan terbawa ke dalam tubuh dan menimbulkan resiko kesehatan yang tidak pernah kita inginkan. Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gigi karena banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan gigi yang bisa Anda lakukan setiap hari :

  1. Sikatlah gigi dua kali sehari seperti pesan yang selalu disampaikan oleh dokter. Pagi hari setelah makan dan malam sebelum tidur adalah waktu yang disarankan oleh dokter untuk menyikat gigi. Kedua waktu tersebut disarankan bertujuan untuk mencegah terbentuknya plak pada gigi yang dapat menyebabkan karies gigi, bau mulut dan gigi berlubang. Agar gigi bisa bersih secara maksimal, sikatlah gigi setelah makan agar tidak ada sisa makanan yang menempel pada gigi. Menyikat gigi secara rutin juga dapat meminimalisir terbentuknya kuman dan bakteri di dalam mulut dan menurunkan resiko bau mulut yang tidak sedap.
  2. Pilih pasta gigi yang bisa membersihkan gigi secara maksimal dan sesuai kebutuhan gigi Anda. Selain itu, Anda juga bisa coba pasta gigi yang mengandung bahan alami, misalnya daun sirih. Dalam riset ilmiah yang dilakukan oleh Dr. Hasim DEA, Dosen Bio Kimia dan Toksikologi FMIPA dan Pascasarjana IPB, dibuktikan efektifitas minyak atsiri yang terkandung pada daun atsiri dengan senyawa flour yang biasa terdapat pada produk pasta gigi, dan hasilnya bahwa pasta gigi daun sirih yang mengandung minyak atsiri dengan fenol dan kavikol diketahui memiliki aktivitas antibakteri tiga kali lebih efektif dibandingkan dengan senyawa flouride.
  3. Gunakan obat kumur untuk menyempurnakan perawatan gigi dan mulut. Obat kumur bisa membasmi kuman dalam mulut juga menyegarkan mulut.
  4. Konsumsilah makanan sehat karena kesehatan mulut dan gigi juga ditentukan oleh apa yang kita makan sehari-hari. Konsumsi sayur dan buah, namun hindari makanan yang terlalu manis atau terlalu asam kerena berpotensi sangat tinggi menyebabkan kerusakan pada gigi. Konsumsi air putih secara cukup agar kelembaban mulut tetap terjaga dan produksi air liur tetap dalam kondisi normal.
  5. Periksakan kesehatan gigi secara rutin pada dokter meskipun perawatan gigi dan mulut giat dilakukan. Periksakan gigi sesuai dengan saran dokter setidaknya 6 bulan sekali. Dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter, kita bisa memantau mulut dan gigi agar terhindar dari berbagai resiko berbahaya dan juga menjaga agar gigi tetap sehat terjaga dan tetap bersih.
Demikian cara menjaga kesehatan gigi yang bisa langsung Anda terapkan sekarang juga. Jangan ragu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak sskali nutrisi yang tentu saja akan bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tubuh Anda, seperti buah dan sayur. Kondisi gigi dan mulut yang sehat akan membuat Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal dan lancar. Anda juga bisa tersenyum lebar kepada orang-orang disekitar Anda tanpa ragu sedikitpun. Semoga infoemasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga kesehatan, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel kami.