Thursday, December 7, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi


KAKAYKUKUY.COM - Kebersihan tubuh merupakan hal wajib untuk dijaga kesehatannya, termasuk juga dalam menjaga kesehatan alat reproduksi. Alat reproduksi berkaitan erat dengan keturunan nantinya. Cara paling mudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi adalah dengan cara mengganti celana dalam sebanyak dua kali sehari. Untuk Anda yang sudah dewasa, cukur bulu kemaluan secara rutin karena jika terlalu lebat dapat menyebabkan kelembaban pada area reproduksi semakin meningkat. Namun Anda jangan mencukur habis bulu kemaluan agar bakteri baik tidak ikut hilang. Dan anda juga harus memastikan alat pencukur yang Anda gunakan dalam kondisi benar-benar bersih.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa cara menjaga kesehatan alat reproduksi :

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kesehatan alat reproduksi tetap terjaga, janggan sampai makan makanan yang dapat mengganggu kesehatan alat reproduksi Anda. Serta jauhi alkohol dan rokok. Selain itu, lakukan olahraga secara teratur agar fisik Anda sehat dan olahraga juga membantu kesehatan alat reproduksi Anda menjadi lebih baik.
  2. Gunakan celana bersih dan berbahan katun agar sirkulasi udara pada area reproduksi beejalan dengan lancar. Harga celana berbahan kain katun memang mahal, tapi akan membuat alat reproduksi Anda lebih terjaga kebersihannya. Untuk wanita, menggunakan kain katun dapat menghindarkan Anda dari gangguan keputihan, dan untuk pria, penggunaan kain katun membuat Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit yang kerap menyerap organ reproduksi.
  3. Gantilah celana dalam secara rutin karena adanya keringat dapat memicu tumbuhnya jamur pada area reproduksi. Terlebih jika Anda wanita yang memiliki masalah keputihan, Anda harus terbiasa mengganti celana dalam agar kesehatan alat reproduksi Anda tetap terjaga.
  4. Bersihkan area reproduksi setelah buang air. Jangan menggunakan tisu untuk membersihkan alat reproduksi karena tisu memiliki kemungkinan mengandung zat pemutih. Gunakan handuk agar kesehatan alat reproduksi tetap aman terjaga.
  5. Bersihkan tangan setelah melakukan aktivitas. Membersihkan tangan secara rutin adalah cara yang sangat ampuh untuk menghindari berbagai jenis penyakit. Terutama bagi organ intim, tangan yang kotor dan mengandung kuman akan menimbulkan masalah ketika Anda menggunakannya untuk menyentuh alat reproduksi Anda.
  6. Untuk pria, lakukan sunat atau khitan karena hal tersebut sangat baik dalam menjaga kesehatan. Sunat akan membantu menghilangkan bakteri pada penis karena kuman sangat senang hinggap di kulit penis.
  7. Jangan menggaruk alat reproduksi Anda karena rasa gatal yang timbul bisa diaebabkan oleh kuman dan bakteri yang berkembang biak di alat reproduksi Anda. Menggaruk hanya akan membuat alat reproduksi Anda terluka.
  8. Potong atau cukur bulu kemaluan jika sudah terlalu panjang agar tidak menjadi sarang bakteri.
  9. Lakukan pemeriksaan rutin pada alat reproduksi agar kesehatan alat reproduksi tetap terjaga. Untuk pria, coba lakukan pengecekan untuk melihat ada atau tidaknya benjolan atau hal lain yang dirasa tidak wajar pada penis Anda. Jika Anda menemukan hal tidak wajar tersebut, lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab ketidakwajaran tersebut.
Demikian cara menjaga alat reproduksi yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan Anda dan kesehatan alat reproduksi Anda. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Tetap sehat dan selamat mencoba.