Monday, December 18, 2017

Tips Menjaga Kesehatan Rahim


KAKAYKUKUY.COM - Setiap wanita yang terlalhir tentu dikaruniai organ yang disebut rahim. Organ reproduksi ini sangatlah penting bagi seorang wanita karena tempatnya untuk melakukan pembuahan dan melestarikan kesuburan. Tips menjaga kesehatan rahim kali ini bisa membantu Anda mengontrol kesehatan dan kesuburan dari rahim.

Sudah menjadi keharusan bagi seorang wanita menjaga rahimnya agar sehat. Membuatnya tetap sehat dan bersih biasanya tergantung dari pola makan yang kita lakukan selama ini. Misalnya memperbanyak makan sayur dan buah. Makanan yang bergizi akan membantu Anda menjaga kesehatan rahim.

Pola Hidup Sehat

Pastikan anda hidup secara sehat. Baik dari makanan yang di makan maupun aktivitas keseharian lainnya. Kesuburan rahim juga akan terjaga sangat mudah jika Anda menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

Hindari Rokok Dan Alkohol

Sudah banyak yang mengetahui jika akibat dari rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan seorang wanita. Terutama untuk organ rahim. Pun dengan makanan yang memiliki kadar pengawet tinggi. Hal ini bisa menjadi pengaruh kesuburan rahim Anda menurun. Selain itu juga bisa menjadi penyebab datangnya penyakit seperti infeksi atau kanker rahim.

Hindari Stres Berlebih

Ketahuilah bahwa stres bisa mempengaruhi keauburan rahim Anda. Bahkan bisa menurunkan kesuburan rahim Anda juga. Carilah hiburan dan waktu senggang untuk mengelola stres Anda dengan baik. Lepaskan diri dari pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas yang padat jika Anda sudah merasa lelah.

Jaga Kesehatan Organ Intim

Tips menjaga kesehatan rahim selanjutnya adalah perhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Terutama untuk memperoleh kehamilan yang cepat adalah menjaga kebersihannya. Pastikan vagina dan lingkungan sekitar vagina Anda berada dalam ruang lingkup yang sehat. Jika hanya rahim yang subur namun vagina tidak terjaga kebersihannya, maka mulai dari sekarang Anda harus memperhatikan keduanya.

Konsultasi Dengan Dokter

Jika Anda sering mengalami rasa gatal atau gangguan kesehatan di area intim Anda, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Lebih dari itu, Anda bisa melakukan pengobatannya. Hal ini mencegah penyakit tidak bertambah parah dan rahim Anda juga tetap sehat.

Daftar Makanan Untuk Kesehatan Rahim

Seperti yang disebutkan di tips menjaga kesehatan tahim sebelumnya bahwa menjaga rahim tetap bersih dan sehat haruslah melalui asupan juga. Misalnya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan di dalamnya mampu mencegah terjadinya kanker rahim dan fibroid di rahim. Selain itu jika Anda konsumsi, bisa juga mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Kurangi Konsumsi Kafein

Selain menyebabkan hipertensi atau darah tinggi, kafein juga membuat penurunan kesuburan dan meningkatkan tingkat kecemasan yang bisa mempengaruhi proses konsepsi apabila dikonsumsi dengan jumlah besar. Jika Anda ingin meminum kopi maka aturlah dalam batas yang wajar.

Kurangi Mengkonsumsi Makanan Mengandung Banyak Gula

Bukan hanya menyebabkan obesitas saja, kandungan gula yang terlalu banyak akan membuat Anda lebih lesu. Tips menjaga kesehatan rahim berikutnya adalah membatasi konsumsi gula. Hal ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Terutama jangan makan makanan junk food dan batasi pemanis buatan. Jika Anda mengandung dan sering makan makanan manis, maka akan beresiko pada bayi.