Thursday, December 7, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan

KAKAYKUKUY.COM - Kuman pada penyakit bisa menyerang semua organ dalam tubuh, termasuk pada alat pernapasan. Kuman dapat menyerang alat pernapasan yang dapat membuat kita jatuh sakit. Penyakit yang bisa menyerang saluran pernapasan adalah influenza, bronchitis, dan TBC paru-paru. Semua penyakit itu bisa menular dari udara karena kuman pada penyakit ini berada di udara. Cara penularannya sangat mudah, misalnya ketika penderita tiba-tiba batuk dan bersin maka kuman akan terlempar ke udara. Dan orang sehat akan terinfeksi kuman itu jika orang tersebut menghirup udara yang mengandung kuman. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan pola hidup sehat karena pola hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan, dan tentu saja juga pada alat pernapasan kita.


Alat Pernapasan Manusia


Berikut beberapa cara menjaga kesehatan alat pernapasan :
  1. Konsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Mengkonsumsi makanan bergizi membuat tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, Anda harus menjaga pola makan Anda.
  2. Lakukan olahraga secara teratur karena tubuh kita membutuhkan oksigen yang cukup untuk pembakaran sari-sari makanan di dalam tubuh. Dengan berolahraga, maka proses pernapasan akan menjadi lebih lancar. Atletik, renang, dan senam adalah olahraga yang baik bagi kesehatan penapasan.
  3. Istirahat yang cukup dan teratur karena tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Untuk anak-anak, istirahat dalam bentuk tisur merupakan saat paling baik bagi pertumbuhan dan pemulihan tubuh. Namun lakukan istirahat secukupnya karena tubuh juga sangat membutuhkan aktivitas seperti bermain dan olahraga yang dibutuhkan untuk alat pernapasan.
  4. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan karena hal tersebut merupakan syarat penting dalam menjaga kesehatan. Anda bisa menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan setiap kali selesai melakukan aktivitas. Namun untuk lingkungan, bisa dilakukan dengan cara membersihkan setiap sudut rumah secara rutin. Pastikan sirkulasi udara dan pancaran sinar matahari pada setiap ruangan terjadi dengan baik, karena jika ruangan lembab dapat menyebabkan kuman mudah berkembang. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sinar matahari harus masuk ke dalam ruangan karena beberapa jenis kuman dapat mati karena panas dan sinar matahari.
  5. Jauhi asap rokok karena asap rokok bukan hanya berbahaya bagi kesehatan si perokok, tapi juga bagi orang disekitarnya yang juga tidak secara langsung ikut menghirup asap rokok. Asap rokok sangat berbahaya karena asap rokok mengandung nikotin yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru. Nikotin yang sudah masuk ke dalam paru-paru dapat mengendap dan terkumpul. Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat paru-paru rusak dan tidak dapat mengikat oksigen dengan baik. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka napas menjadi sesak karena tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Selain itu, kanker paru-paru juga bisa menyerang ketika adanya penumpukan nikotin pada paru-paru dan sudah terlalu parah.
Berikut penjelasan singkat tentang penyakit yang menyerang kesehatan alat pernapasan :
  • Influenza atau flu merupakan penyakit menular yang mudah sekali menyerang saat kondisi tubuh sedang lemah. Penyakit ini menular melalui udara.
  • Flu burung merupakan virus yang hidup di saluran pencernaan unggas, yang menyebabkan sakit yang parah.
  • TBC merupakan kuman yang paling sering menyerang paru-paru dan juga dapat menyerang bagian tubuh yang lain.
Demikian cara menjaga kesehatan alat pernapasan yang bisa Anda terapkan saat ini juga agar kesehatan alat pernapasan Anda semakin terjaga. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.