Sunday, January 14, 2018

Tips Mencegah Dan Mengobati Demam Berdarah (DBD)

KAKAYKUKUY.COM - Masyarakat awam mungkin belum mengenal betul bagaimana mencegah dan mengobati penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tertentu. Dengan ini kami akan mengenalkan dan menjelaskan apa dan bagaimana yang harus kita ketahui dan lakukan.

Apa itu demam berdarah ?

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah "aides aigepti".
Tentu saja untuk para ibu di rumah, Anda tentu suka kebingungan atau panik jika sesuatu terjadi kepada anak Anda di rumah. Apalagi jika anak Anda mengalami sakit panas yang tinggi tentu Anda akan bertanya-tanya. Lalu panas seperti apa yang biasa terjadi pada penderita demam berdarah, apakah panas yang dialami anak Anda termasuk tanda-tanda gejala demam berdarah atau bukan.

Apa gejala dan tanda-tanda DBD ?
  1. Demam tinggi mendadak 2 sampai 5 hari.
  2. Tanda-tanda pendarahan seperti bintik-bintik merah, mimisan, muntah darah, gusi berdarah dan lainnya.
  3. Pembesaran hati
  4. Gejala syok yaitu tekanan darah turun, terlihat gelisah, nafas cepat, ujung tangan dan kaki terasa dingin, lalu biru-biru.
  5. Pada pemeriksaan labotarium ditemukan peningkatan hematokrit dan penurunan angka trombosit.
Bagaimana cara penularan DBD ?

Nyamuk yang telah menggigit orang yang terinfeksi demam berdarah, berarti membawa virus selanjutnya yang akan ditularkan kepada orang yang sehat pada gigitan berikutnya. Penularan demam berdarah oleh nyamuk betina dan menggigit pada pagi hari dan siang hari.

Ciri-ciri nyamuk demam berdarah :
  1. Nyamuk demam berdarah berwarna hitam dengan belang loreng pada seluruh tubuhnya.
  2. Mampu terbang setinggi 100 Meter
  3. Aktif menggigit pada pagi hari sampai sore hari
  4. Tempat hinggap yang disenangi adalah benda-benda yang tergantung seperti pakaian, kelambu, tumbuhan, agak gelap dan lembab.
  5. Jentik nyamuk bergerak aktif dalam air dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang.

Cara pencegahan Demam Berdarah :

  1. Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi, bak WC dan drum secara rutin minimal seminggu sekali.
  2. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti gentong air dan tempayan.
  3. Mengubur barang-barang yang dapat menampung air hujan sehingga bisa menyebabkan berkembangnya jentik nyamuk.
Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah DBD adalah dengan cara mengganti air vas bunga, tempat minum burung atau tempat yang sejenis seminggu sekali. Menurup lubang potongan bambu atau pohon, memelihara ikan pemakan jentik pada kolam atau sumur, menghindari menggantung pakaian pada kamar tempat tidur Anda dan memasang kawat kasa untuk mencegah masuknya nyamuk kedalam kamar.

Lalu bagaimana ketika Anda sudah terlanjur terjangkit penyakit demam berdarah ?

Segera lalukan pengobatan sebagai berikut :
  • Banyak istirahat, biarkan tubuh Anda merasakan istirahat yang cukup
  • Banyak minum, meminum banyak cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Hal ini dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang karena gejala demam tinggi dan muntah-muntah
  • Berikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi
  • Meminum obat parasetamol atau acetaminophen untuk meresakan demam dan nyeri 
Saran pengobatan demam berdarah lainnya, dokter akan melarang kamu mengkonsumsi ibuprofen, aspirin, atau naproxen sodium untuk meredakan gejala demam dan nyeri. Hal ini karena ketiga obat tersebut bisa mendorong timbulnya pendarahan didalam jika dikonsumsi oleh pengidap demam berdarah dan dapat mempengaruhi kadar trombosit dalam darah. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami dan semoga bermanfaat.