Wednesday, December 27, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Syahrini

KAKAYKUKUY.COM - Kulit merupakan organ tubuh terluar dan terbesar yang sangat rentan untuk terkontaminasi. Penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit. Jangan abaikan gangguan kesehatan pada kulit karena hal itu dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Selain itu, kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat anda merasa tidak percaya diri. Secara umum, kulit yang sehat ditandai dengan kulit yang bertekstur lembut dan lembab. Kulit yang sehat akan membuat Anda bebas beraktivitas dan lebih percaya diri.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan kulit :

  1. Agar kulit Anda tetap sehat, berhentilah merokok karena merokok bisa membuat kulit Anda menua lebih cepat. Merokok dapat membuat kolagen pecah sehingga elastisitas kulit akan berkurang dan sel-sel kulit bisa rusak karena pengaruh racun yang ada pada tembakau.
  2. Hindari konsumsi alkohol karena mengkonsumsi alkohol bisa membuat tubuh dan kulit Anda terdehidrasi, yang membuat kulit Anda tampak tua dan lelah. Sama seperti merokok, konsumsi alkohol juga membuat produksi kolagen menjadi berkurang, hal tersebut membuat regenerasi kulit menjadi tidak optimal dan akibatnya kulit Anda akan lebih cepat menimbulkan kerutan halus.
  3. Istirahat dan tidur yang cukup karena kurang tidur dapat membuat kulit tampak lelah, lebih tua, dan kusam. Selain itu, kantung mata akan semakin menghitam jika Anda semakin sering kurang tidur.
  4. Atur makan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Konsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan cara paling mudah untuk menjaga kesehatan kulit. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur dapat membuat kulit yampak lebih muda dan sehat.
  5. Kendalikan stres Anda karena stres dapat membuat kelenjar adrenal terstimulasi untuk manghasilkan korsitol. Korsitol merupakan hormon utama stres yang terlibat dalam produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Hal ini membuat jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak menyebabkan pori-pori kulit tertutup dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.
  6. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari agar kesehatan kulit tetap terjaga. Anda harus memberi perlindungan lebih kepada kulit Anda jika anda melakukan aktivitas di luar yang membuat Anda terpapar sinar matahari pada pukul 10.00 sampai 16.00 dengan cara : Pertama Anda bisa menggunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, atau topi. Kedua gunakan tabir surya yang mengandung SPF ( Sun Protection Factor ) lebih dari 15 dengan menggunakannya sekitar 20 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.
  7. Untuk menjaga kesehatan kulit, cuci muka dan pakai pelembab secara teratur. Berikut beberapa cara untuk merawat kulit agar tetap sehat : Pertama Bersihkan kulit secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Lakukan menggunakan air hangat suam-suam kuku dan lakukan dengan lembut. Kedua Jika kulit Anda berjenis kulit kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan keadaan jenis kulit Anda. Jika digunakan sehari-hari, gunakan pelembab yang mengandung SPF agar pelembab juga memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.
Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang bisa langsung Anda terapkan pada keseharian Anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kulit merupakan organ terluar yang rentan sekali terkena berbagai bakteri dan kotoran. Lindungi kesehatan kulit Anda dengan menggunakan produk kecantikan yang sudah Anda yakini kualitasnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.