Wednesday, December 6, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Matamu adalah jendela dunia

KAKAYKUKUY.COM - Mata adalah salah satu indra yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat isi dunia. Namun di era moderen ini kita tidak bisa pungkiri bahwa aktivitas yang dilakukan tidak terlepas dari cahaya matahari, layar laptop atau komputer, dan juga layar smartphone yang membuat mata kadang terasa sangat lelah setelah sepanjang hari beraktivitas dan tak jarang kesehatan mata menjadi terganggu. Agar aktivitas tetap berjalan lancar, kita perlu menjaga tubuh dan kesehatan mata kita agar berfungsi dengan baik. Namun selain hal diatas, penyebab dari penyakit yang menjangkit pada mata juga bisa berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kita bisa menata kembali pola hidup kita. Atur asupan makanan dengan mengkonsumsi vitamin atau mineral yang terkandung dalam buah atau sayur.
Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata :
  1. Lakukan pemeriksaan rutin meskipun anda sama sekali tidak merasa ada gangguan pada mata karena penyakit mata seperti glaukoma, diabetes, dan degenerasi makula terkait usia sering sekali tidak memiliki gejala secara langsung.
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan baik untuk penglihatan. Pilih makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Vitamin A dan C pada buah dan sayuran sangat dibutuhkan oleh mata. Selain itu, ikan yang mengandung asam omega 3 lemak esensial juga penting untuk kesehatan makula yang merupakan bagian dari mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.
  3. Menjaga berat badan agar terhindar dari obesitas yang bisa meningkatkan resiko terserang diabetes dan kondisi sistemik lain yang dapat menyebabkan penyakit mata diabetes atau glaukoma. Selain itu, obesitas juga telah ditemukan menjadi faktor resiko terserang katarak, namun mekanismenya masih belum jelas.
  4. Berhentilah merokok karena merokok membuat resiko anda terserang katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik lebih besar. Berhenti merokok pada usia berapa saja akan mengurangi resiko terserang penyakit mata secara signifikan.
  5. Menggunakan kacamata hitam akan melindungi mata kontak langsung dengan sinar ultraviolet matahari atau yang sering kita sebut sinar UV. Paparan sinar UV yang terlalu banyak akan membuat mata memungkinkan terserang katarak dan degenerasi makula.
  6. Cuci tangan ketika ingin menyentuh mata atau lensa kontak mata anda agar terhindar dari resiko infeksi dan beberapa jenis penyakit. Cuci tangan dengan bersih sebelum mengambim atau meletakkan lensa kontak dan pastikan lensa kontak anda steril sebelum digunakan. Ganti lensa kontak sesuai dengan anjuran.
  7. Istirahatkan mata sejenak jika anda menghabiskan banyak waktu didepan komputer atau fokus pada satu hal saja. Menatap objek tertentu terlalu lama dapat menyebabkan mata anda menjadi kering, pandangan kabur, kesulitan fokus pada jarak, dan ketegangan pada mata.
  8. Hindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Konsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka pendek bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen karena efek langsung dari alkohol pada saraf optik.
  9. Cukupi waktu tidur anda karena kurang istirahat dapat membahayakan kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mata membutuhkan setidaknya 5 jam tidur setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan kejang mata dan mata kering.
Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan sekarang juga, karena mata merupakan jendela dunia yang harus kita jaga kesehatannya.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.