Tuesday, December 12, 2017

10 Tips Kesehatan Wanita Remaja


KAKAYKUKUY.COM - Anda tentu sering mendengar bahwa kesehatan mahal harganya. Bukan hanya dinilai dari segi materi, tetapi kesehatan memang sangatlah penting untuk dijaga. Bayangkan jika Anda sakit, makanan swenak apapun biasanya tetap terasa tidak enak dimulut. Banyak orang akhirnya menyesal karena memiliki pola hidup tidak sehat sebelumnya. Begitupun dengan anak rwmaja, masa dimana ia mencoba banyak hal termasuk dalam urusan gaya hidup. 10 tips kesehatan wanita remaja ini akan membantu Anda.

Wanita remaja jelas membutuhkan Anda sebagai orang tua sekaligus teman. Sebab, ia akan merasa lebih senang berkumpul dengan teman jika sebagai orang tua, Anda tidak cukup peduli padanya. Termasuk dalam hal kesehatan, wanita remaja sangatlah disarankan mengetahui bagaimana kesehatannya.

Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan

10 tips kesehatan wanita remaja yang pertama adalah melakukan akotivitas yang menyehatkan tubuh seperti berolahraga. Secara teratur, lakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap segar. Bagi seorang wanita remaja, olahraga juga mempengaruhi siklus haid.

Berolahraga Untuk Otak

Jika pada 10 tips kesehatan wanita remaja yang pertama disebutkan untuk berolahraga, maka berikutnya adalah olahraga untuk otak. Tidak sedikit remaja di Indonesia yang ternyata mengidap Alzheimer. Pastikan anak Anda melakukan aktivitas mengisi teka teki silang, menjawab pertanyaan saat pelajaran serta berusaha memecahkan permasalahan. Hal ini bisa membantunya untuk mengasah otak.

Menjaga Berat Badan

Bagi wanita remaja, penampilan fisiknya akan mempengaruhi rasa percaya dirinya. Masa remaja tempat hormon dalam dirinya naik turun. Seperti munculnya jerawat ketika masuk siklus haid, wanita remaja haruslah menjaga berat badan ideal. Agar penampilan yang ia miliki tidak membuatnya minder dan tetap sehat.

Mengontrol Pola Makan

Pastikan wanita remaja anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Pilihlah makanan yang baik untuk tubuh. Jika tinggi kalori, maka ia harus cukup banyak bergerak. Agar seimbang, hal ini akan membuatnya mendapat dampak untuk kwalitas kesehatan tubuh.

Hindari Memakai Make Up Berlebih

Sebagai remaja, pasti ingin terlihat cantik dan menarik. Tidak sedikit usia remaja sekarang ini yang malah terlihat jauh lebih tua dari usianya ketika ia mengenakan make up . Hindari menggunakan make up berlebih dan berasal dari bahan-bahan yang belum jelas. Kandungan kimia yang ada akan membuat wanita remaja justru mendapat efek yang tidak baik seperti kulit kemerah-merahan dan sebagainya.

Melakukan Perawatan Diri

10 tips kesehatan wanita remaja berikutnya adalah melakukan perawatan diri. Sesekali manjakan tubuh Anda dengan melakukan perawatan sederhana di rumah saja. Misalnya, membuat masker dari buah atau sayuran kemudian menjaga kebersihan seluruh badan.

Memenuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium

Demi mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis memang disarankan untuk lebih gemar makan sayuran yang berwarna hijau dan minum susu. Anda bisa menjemur diri di terik matahari pagi.

Memenuhi Asupan Omega 3 dan Asam Lemak

Asupan makanan pada masa remaja sangat penting diperhatikan. Sebab ini akan mempengaruhi hormon dan kesehatannya. Makanan seperti jenis ikan-ikanan, dapat mencukupi kebutuhan asupan omega 3 dan asam lemak. Bahkan bisa juga mencegah terjadinya penyakit mematikan.

Hindarkan Dari Pikiran Stres

Kebanyakan wanita remaja sangat emosional. Hindari stres atau memikirkan hal-hal yang belum waktunya. Jangan mengurung diri ketika menghadapi suatu masalah. Lebih baik berkumpul atau curhat dengan teman sebaya melakukan kegiatan ekstrakulikuler atau lain sebagainya.

Tidur Tepat Waktu

Memiliki jam tidur yang baik adalah salah satu dari 10 tips kesehatan wanita remaja yang disarankan. Sebab, dengan pola tidur yang baik remaja akan mudah fokus di pagi harinya ketika berada di aekolah.

Wanita remaja perlu memperhatikan kondisi kesehatannya. Jika pada masa remaja saja sudah sembarangan dalam pola makan dan gaya hidup, bukan tidak mingkin kelak akan terserang suatu penyakit. Ayo hidup sehat mulai dari sekarang.