Thursday, December 21, 2017

Tips Kesehatan Ibu Hamil


KAKAYKUKUY.COM - Menjadi seorang ibu adalah suatu kebanggaan untuk setiap wanita. Kehadiran seorang anak ditengah keluarga tercinta tentu menjadi hal yang didambakan. Anda yang baru membina bahtera rumah tangga pastinya perlu belajar mengenai banyak hal. Termasuk tentang tips kesehatan ibu hamil. Karena calon ibu yang sehat akan melahirkan anak yang sehat pula.

Minimnya informasi mengenai kesehatan ibu hamil bisa menjadi masalah yang serius. Seperti lahir prematur, calon bayi yang kurang gizi dan lain sebagainya. Dari awal perencanaan untuk hamil, Anda sudah harus bisa menjaga kesehatan agar lebih siap dan baik untuk masa kehamilan.

Jumlah Energi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Tips kesehatan ibu hamil yang pertama adalah mengetahui betul berapa jumlah energi yang Anda butuhkan sebagai calon ibu. Sebab, Anda sudahlah tidak sendiri. Ketika makan, maka Anda juga akan memberi makan calon bayi dalam kandungan. Sebagai ibu hamil Anda membutuhkan energi yang lebih banyak daripada mereka yang tidak sedang mengandung.

Menurut pakar, jumlah energi yang dibutuhkan melihat seberapa padat dan besarnya aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda memutuskan berhenti beraktivitas (bekerja) ketika hamil, maka jumlah energi yang dibutuhkan setiap harinya adalah 200 kilo kalori.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Secara garis besar, kebutuhan gizi wanita hamil adalah vitamin dan mineral. Anda membutuhkan asupan yang sempurna untuk membuat calon bayi menjadi kuat dan sehat. Perhatikan makanan empat sehat lima sempurna. Perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah. Jumlah nutrisi yang Anda butuhkan tentu juga menjadi lebih banyak.


Perlu Anda perhatikan betul bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil karena tidak jarang ibu hamil terkadang menginginkan makanan tertentu yang disebut orang adalah "ngidam". Makanan yang sehat akan membuat tubuh Anda juga kuat selama mengandung.

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil


Dari tips kesehatan ibu hamil sebelumnya telah disebutkan bahwa kebutuhan gizi yang dibutuhkan ibu hamil terbagi menjadi dua yakni vitamin dan mineral. Utamanya vitamin yang perlu anda tambah sesama hamil adalah vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan asam folat.


Jika Anda mengalami rasa mual di tiap pagi hari, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi vitamin B6. Atau bisa juga dikurangi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam atau sayur segar.


Berhati-hati Dalam Mengkonsumsi Obat-obatan


Sebagai ibu hamil, hindari sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Jika Anda mengalami sakit flu, pusing atau batuk Anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Sebab, jika sembarangan maka obat yang Anda minum bisa berdampak negatif pada calon bayi.


Tidak sedikit yang malah mengkonsumsi obat warung untuk sekedar mengatasi sakit kepala atau flu. Padahal, dari kandungan obat yang ada bisa mengganggu pertumbuhan janin. Maka bijak rasanya jika Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.


Membatasi Padatnya Aktivitas


Jika Anda termasuk dalam masa hamil muda maka akan rentan sekali dengan resiko keguguran. Terutama bagi ibu hamil sekaligus wanita karir. Perhatikan kemampuan tubuh Anda dalam bekerja. Jika lelah, sebaiknya beristirahat dan tidak memaksakan aktivitas lainnya.


Namun apabila Anda tetap melakukan aktivitas berat misalnya seperti berkendara sendiri, mengangkat benda berat maka resiko keguguran tak bisa dihindari. Bukan hanya aktivitas fisik saja, tapi pastikan Anda bisa menghindari atau mengatasi stres.


Sekecil apapun masalah yang Anda rasakan dalam masa kehamilan seperti mual yang tidak berhenti, pusing dan sebagainya maka jangan segan untuk memeriksakannya. Ulasan mengenai tips kesehatan ibu hamil ini semoga membantu Anda untuk tetap sehat semasa mengandung dan melahirkan anak-anak sehat pula.