Tuesday, December 19, 2017

Tips Menjaga Kesehatan Organ Wanita


KAKAYKUKUY.COM - Sebagai seorang wanita, kebersihan dan kesehatan organ dalam maupun luar sangatlah penting. Tips menjaga kesehatan organ wanita perlu diketahui agar terhindar dari penyakit mengerikan yang seringkali menyerang organ kewanitaan. Kasus terbesarnya adalah kanker serviks misalnya.

Organ wanita merupakan mahkota yang penting yang harus dijaga kebersihannya. Merawatnya tidak bisa sembarangan atau asal-asalan. Karena hal ini akan membuat pH di organ intim tersebut tidak seimbang. Jika demikian maka akan timbul bakteri berbahaya.

Usap Dari Depan Ke Belakang

Tips menjaga kesehatan organ wanita yang pertama adalah dengan mengeringkan organ intim menggunakan tissue sehabis dibilas atau dibasuh. Usap dari arah depan ke belakang. Bukan dari belakang (anus) ke arah depan (vagina). Dengan cara ini, bakteri berbahaya dari anus tidak akan terpapar ke bagian depan atau vagina.

Jangan Semprotkan Air dari Selang Langsung ke Vagina

Jika Anda sedang membilas bagian organ intim Anda, usahakan jangan langsung mengarahkan selang atau air ke arah vagina Anda. Sebaiknya Anda mengarahkan ke bagian depan vagina agar air turun ke bawah dan bakteri tidak mudah masuk ke bagian vagina.

Tidak Cukup Dengan Sabun Biasa

Membersihkan organ intim dengan sabun biasa akan membuat pH pada organ tersebut tidak cocok. Sebab, sabun biasa disesain untuk pH kulit sekitar 5.5. Sedangkan yang dibutuhkan organ intim adalah 3.5 sampai 4.5 dimana bakteri baik masih bisa hidup.

Ada juga yang menyarankan tidak perlu dibilas dengan sabun mandi, Anda cukup membersihkannya dengan air hangat. Tetapi, jika Anda merasa kurang bersih, Anda bisa menggunakan sabun kewanitaan yang khusus dengan pH sesuai. Pakailah dalam jumlah yang wajar dan tidak sesering mungkin.

Bersihkan Hanya Pada Bagian Luar

Tips menjaga kesehatan organ wanita selanjutnya adalah bersihkan hanya pada bagian luar saja. Sebab, organ intim wanita memiliki kemampuan untuk membersihkan bagian dalam sendiri. Sebaiknya, Anda membersihkan bagian luar dengan air yang sudah pasti bersih dan mengalir.

Ganti Pembalut Secara Rutin

Jika Anda sedang datang bulan, kebersihan organ wanita menjadi yang utama. Jangan biasakan menggunakan pembalut dari pagi hingga sore. Buang rasa malas Anda mengganti pembalut karena darah menstruasi mengandung banyak bakteri.

Tidak jarang penyakit kewanitaan muncul karena kurangnya kepedulian terhadap penggantian pembalut. Pilih pembalut yang nyaman dan ganti sekitar 3 - 4 jam sekali.

Bilas Organ Intim Sebelum dan Sesudah Berhubungan Seksual

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, perlu diperhatikan bahwa kebersihan organ wanita sebelum dan sesudah berhubungan seksual sangatlah penting. Ini untuk mencegah adanya penyebaran bakteri dari pasangan Anda. Serta mencegah timbulnya penyakit seksual dari pasangan Anda.

Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Anda tentu mengetahui bahan yang nyaman untuk digunakan sebagai celana dalam. Pakailah yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat pada organ intim dan memberi Anda rasa nyaman. Jika Anda ingin menggunakan bahan yang berbeda, maka gunakanlah sesekali saja.

Hindari Menggunakan Spons

Tips menjaga kesehatan organ wanita selanjutnya adalah menghindari menggunakan spons. Membersihkan organ intim haruslah dengan tepat. Anda cukup menggunakan tangan untuk membersihkannya dengan pola (dari depan ke belakang). Hindari menggunakan spons apalagi yang terlalu kasar karena bisa melukai organ kewanitaan Anda.

Mengetahui tips menjaga kesehatan organ wanita sangatlah akan membantu Anda merasa nyaman dan sehat. Sebab, organ wanita adalah mahkota yang patut diperhatikan kesehatan dan kebersihannya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari kami.