Wednesday, December 13, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Alat Pencernaan

Sistem Pencernaan Manusia

KAKAYKUKUY.COM - Gaya hidup seperti cara makan dan makanan yang di konsumsi, cara minum dan minuman yang kita teguk, bisa mempengaruhi bagaimana alat pencernaan kita mencerna makanan. Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, serta olahraga dengan teratur, maka kesehatan alat pencernaan Anda akan berfungsi dengan baik.
Sistem pencernaan makanan adalah proses alami dalam tubuh untuk memecah makanan yang membuat nutrisi dalam makanan bisa diserap dengan baik. Kesehatan pencernaan dipengaruhi secara langsung oleh gaya hidup dan asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Jika Anda mengabaikan hal tersebut, maka berbagai macam masalah pada alat pencernaan akan menghampiri Anda.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan alat pencernaan :

  1. Konsumsi makanan yang memiliki tinggi serat, seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan agar kesehatan alat pencernaan Anda meningkat. Serat sangat bermanfaat untuk membantu menjaga makanan agar mudah bergerak melalui pencernaan, sehingga resiko sembelit bisa dikurangi. Hal ini juga memiliki manfaat lain, yakni membantu mencegah atau mengobati berbagai maslah pencernaan misalnya wasir dan sindrom iritasi usus besar, serta dapat membantu mempertahankan agar berat badan tetap ideal. Ada dua jenis serat makanan, yakni serat larut dan tak larut. Keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu membantu sistem pencernaan namun memiliki cara yang berbeda. Serat tak larut memiliki sifat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga membantu mengumpulkan semua kotoran. Sedangkan serat larut bermanfaat mencegah kotoran yang terlalu encer. Serat larut bisa didapatkan dari sayuran, dedak gandum, oat, dan biji-bijian.
  2. Batasi makanan yang banyak mengandung lemak karena makanan berlemak cenderung menghambat proses pencernaan.
  3. Protein adalah salah satu komponen penting yang harus ditambahkan dalam diet sehat, namun tambahan lemak pada daging bisa menyebabkan pencernaan tidak nyaman. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah potongan yang tipis dan tanpa lemak, atau daging unggas tanpa kulitnya.
  4. Probiotik merupakan bakteri sehat alami yang hidup di dalam saluran pencernaan. Probiotik membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dengan cara mencegah efek dari pola makan yang buruk, antibiotik, dan stres. Selain itu juga memiliki banyak manfaat lain, yaitu meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, membuat sistem kekebalan menjadi lebih kuat, bahkan bisa membantu dalam mengobati sindrom iritasi usus besar.
  5. Makan teratur sesuai dengan jadwal yang dibuat agar kesehatan alat pencernaan tetap terjaga. Makanlah pada waktu yang sama setiap harinya.
  6. Cukupi asupan cairan dalam tubuh dengan minum banyak air yang baik untuk kesehatan alat pencernaan. Air berperan untuk melarutkan lemak dan serat larut dalam sistem pencernaan.
  7. Mulailah untuk berhenti merokok dan meminum minuman beralkohol karena jika sudah berlebihan bisa menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti maag dan ulkus.
  8. Mulailah berolahraga secara teratur karena olahraga akan membantu makanan lebih mudah bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga resiko sembelit bisa dikurangi. Selain itu, olahraga juga membantu berat badan tetap ideal.
  9. Kelola stres dengan baik karena jika terlalu banyak mengalami stres atau kecemasan akan menyebabkan sistem pencernaan Anda terganggu. Lakukan hal menyenangkan agar stres yang Anda alami bisa berkurang.
Gangguan pada alat pencernaan bisa menjadi sangat serius jika tidak melakukan pola hidup dengan sehat. Mulailah hidup sehat sebagai tindakan menjaga kesehatan alat pencernaan. Demikianlah beberapa informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan alat pencernaan. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami, tetap laksanakan cara hidup sehat ya 😊.