Wednesday, December 6, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang rusak

KAKAYKUKUY.COM - Tulang merupakan tempat menempelnya daging dan otot yang dapat melakukan gerakan tertentu. Kita dapat melakukan aktivitas karena kerjasama antara otot dan tulang. Tulang bisa rusak dan mengalami kelainan jika kita tidak menjaga kesehatan tulang dengan baik. Beberapa kelainan dan kerusakan tulang, diantaranya :
  • Tulang Keropos
  • Tulang patah
  • Osteoporosis
  • Flu tulang
  • Kanker tulang
  • Tulang retak
  • Pegal-pegal
  • Sakit pada tulang, dan
  • Keseleo
Berikut cara menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari kelainan dan kerusakan pada tulang yang sudah disebutkan di atas :
  1. Duduklah dengan posisi yang benar, karena banyak sekali kelainan tulang yang berawal dari posisi duduk yang salah. Salah posisi duduk menimbulkan rasa pegal pada leher dan tulang belakang yang jika terjadi terus menerus akan menyebabkan punggung sering terasa nyeri. Posisi duduk yang benar, yaitu duduklah pada posisi tegak dan rileks dengan kaki yang harus menapak ke lantai. Saat sedang duduk, hindari menengadahkan kepala. Sebisa mungkin gunakan kursi yang memiliki sandaran penuh hingga ke kepala.
  2. Selain duduk, posisi tidur yang salah juga membuat pegal dan nyeri pada tulang. Pilih kasur yang empuk dan nyaman agar kesehatan tulang bisa terjaga.
  3. Lakukan gerakan-gerakan ringan dan jangan memasang posisi tubuh yang sama dalam waktu yang lama. Tulang membutuhkan gerakan yang dilakukan secara rutin agar kesehatan dan kekuatan tulang bisa tetap terjaga. Anda bisa melakukan gerakan ringan seperti menggelengkan kepala, memutar tubuh, atau berjalan di tempat.
  4. Sering berjalan kaki dan menaiki tangga juga bisa membuat tulang bagian kaki menjadi lebih kuat dan tidak mengalami kerusakan. Anda bisa berjalan kaki setiap hari setidaknya 1 sampai 2 Km atau naik 10 anak tangga sebanyak 5 sampai 6 kali.
  5. Cukupi asupan makanan yang mengandung tinggi kalsium. Kalsium merupakan nutrisi penting yang menjaga kesehatan tulang dengan baik yang membuat struktur tulang tetap kuat dan kokoh sehingga tidak mudah keropos dan rusak. Jenis makanan yang berkalsium tinggi yakni ; Susu, Yoghurt, Keju, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu kedelai, produk hasil ikan, tahu, tempe, cracker (malkist ).
  6. Konsumsi suplemen untuk membantu menjaga kesehatan tulang.
  7. Jangan memaksakan diri saat kondisi anda tidak memungkinkan untuk beraktivitas. Misalnya jika anda sedang keseleo, jangan memaksakan diri untuk beraktivitas agar tidak memperparah kondisi anda.
  8. Jangan membawa barang terlalu berat dengan tangan kosong karena akan mempengaruhi kesehatan tulang. Bukan hanya tulang tangan, tulang belakang juga menjadi tidak normal karena tidak sanggup menahan beban yang sangat berat.
  9. Jangan terlalu sering membungkuk karena hal itu akan mempengaruhi kesehatan tulang, terutama tulang belakang.
  10. Melompat dari tempat yang terlalu tinggi tanpa ada alat bantu atau pengaman yang akan berdampak buruk pada kesehatan tulang kaki anda, misalnya cedera atau lebih parahnya patah tulang.
Tulang terbagi menjadi berbagai jenis dan ukuran yang tersebar di beberapa bagian tubuh. Setiap jenis tulang tersebut saling tersambung satu sama lain yang disambungkan oleh persendian. 
Demikianlah beberapa tips cara menjaga kesehatan tulang yang bisa anda terapkan dalam keseharian anda. Tulang yang merupakan penyangga untuk badan, sangat penting dijaga kesehatannya. Selalu jaga kesehatan anda dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.